Ingat Waktu

◊ Manfaat Game bagi Kesehatan



Ternyata Bermain Game Baik Bagi Kesehatan -
Pasti kalian aneh mendengar judul artikel ini. Kita tahu bahwa selama ini game identik dengan suatu hal yang buruk. Kalian tahu gak? Kalo ngegame itu bisa juga menyehatkan, bahkan game juga bisa dipakai untuk terapi pasien.

Jika kita bermain game lima kali seminggu secara berturut-turut, asalkan tidak berlebihan maka aktivitas itu akan membuat kita sehat. Pasti kalian gak percaya dengan apa yang saya ucapkan tadi?


Baiklah saya akan memberitahukan apa saja manfaat yang bisa diambil untuk tubuh kita saat kita bermain game.




Main game atau permainan elektronik di komputer atau di konsol video game seperti playstation, ps2, nintendo, sega, xbox, dsb bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenagkan dan mengasikkan. Selain mengasyik kan ternyata ada manfaat lain lho dari beberapa game yang telah kita mainkan. Diantaranya:

1. petualangan (adventure)

Dalam game petualangan, kita dutuntut untuk menyelesaikan beberapa misi yang telah tersedia. Dalam menyelesaikan misi tersebut tentunya kita butuh strategi untuk memecahkan setiap misi. Nah dengan memikirkan strategi jalan tentunya secara tidak langsung otak kita diperas agar dapat berhasil menjalankan misi. Tentunya kita akan berfikir dua kali yang secara tidak langsung akan membuat pola piker kita berubah yakni harus berpikir dua kali sebelum melakuka sesuatu.

2. sepak bola

Dalam game sepak bola kita mengenal tentang formasi tim yang kita atur sebelum permainan dimulai. Nah dengan kita mengatur tim kita secara tidak langsung memiliki criteria orang-orang yang harus ditempatkan dimana. Dengan kata lain jika permainan kita berhasil maka kita menjadi seorang pemimpin ynag baik. Selain itu jika kita menghayati bermain game sepak bola, maka kemampuan bola kita akan semakin meningkat.

3. balapan

Tentunya tak asing lagi bagi seorang gamers tentang game ini. Mulai dari yang animasi seperti CTR sampai tngkat tinggi seperti NFS underground. Nah dalam game ini ada beberapa cheat dan upgrade mobil kita agar lebih bgus. Nah untk mengingat cheat otomatis kita melatih otak kita untuk menghafal dan dalam masalah mengupgrade mobil kita harus berpikir mana yang harus didahulukan agar dapat menang. Dengan kata lain berpikir 2 kali untuk melakukan sesuatu.
4. action.
Dalam permainan action kita mengenal istilah “complete the adventure mode to unlock new character.” Dan character awal yang kita gunakan harus benar-benar karakter yang cocok dengan apa yang kita inginkan. Otomatis otak kita akan berpikir tentang apa yang kita butuhkan bukan apa yang kiat inginkan.
Setelah kita tahu betapa banyak manfaat game yang selama ini dianggap mengganggu oleh orang tua kita bagi otak kita. Namun jika kita bermain game berlebih-lebihan tentunya akan membawaa keburukan bagi diri kita, diantaranya:
• menghabiskan uang
• lupa waktu
• badan terasa pegal-pegal karena terlalu lama duduk
• sebagai sarana judi


Dampak Buruk Bermain Game

1) Membuat orang jadi bodoh
Profesor Ryuta Kawashima di Universitas Sendai`s Tokohu menyimpulkan bahwa “sound” dan “vision” game-game Nintendo dapat merusak sebagian otak, walaupun tidak menstimulasi bagian lain. “Kami cemas dengan generasi anak-anak berikutnya yang main video game” ujar Kawashima.
“Kegiatan ini berdampak munculnya kekerasan di masyarakat. Anak-anak itu akan berlaku yang lebih buruk lagi kalau mereka cuma main game dan mogok belajar matematika atau tidak suka membaca.”

2) Membuat terisolir
Dulu pernah terjadi kematian tragis gara-gara game. Shawn Woolley, fans berat EverQuest tewas setelah bermain game online. Kini ibu Woolley mengelola OnLine Gamers Anonymous, grup berbasis Web untuk orang-orang telah terisolasi dan terbuang akibat game. Jumlah anggotanya sekarang mencapai 650 orang (data terakhir tahun 2003).

3) Bikin ketagihan
Orang tua, pasangan suami istri, dan sejumlah ilmuwan mengamati fenomena yang disebut “ketagihan video game”. Fenomena ini sering terjadi di kalangan penggemar game berjenis Massive Multiplayer Online RPG (MMORPG) seperti Ragnarok Online, Pangya, atau serial klasik EverQuest. Mereka jadi malas bekerja, bersosialisasi dengan teman, bahkan kehilangan nafsu makan.

4) Mengganggu kesehatan
Kritik bermunculan seputar pengendali (controller) yang bisa menimbulkan rasa sakit di jari dan tangan. Pada tahun 2002, Jurnal Kesehatan Inggris mempublikasikan artikel tentang seorang anak berusia 15 tahun yang mengalami radang jari tangan setelah main Playstation selama 7 jam non-stop. Dokter-dokter menganalisa kalau anak itu menderita “sindrom vibrasi lengan” karena terlalu lama memegang pengendali (controller).

5) Menimbulkan kekerasan
Kalau boleh dibilang, ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa video game dianggap buruk. Kontroversi ini muncul tahun 1993 ketika senator Joseph Lieberman berkampanye menentang serial Mortal Kombat, sebuah game pertarungan yang penuh adegan kekerasan dan banjir darah. Ia juga menarik penayangan serial tv anak, Captain Kangaroo.

Udah tau dong sekarang gimana baik dan buruknya bermain game itu!! Bermain game hanya untuk melepas stres, penat, dan mengisi waktu luang mungkin itu tidak terlalu berdampak buruk bagi kita, asalkan jangan bermain game terlalu berlebihan.



Jenis - Jenis Game

Seiring dengan perkembangan industri game, jenis-jenis game semakin bervariasi. Perbedaan jenis game terletak pada gameplay, interaksi, dan kategori. Gameplay merupakan sebuah sistem yang berjalan pada game. Sistem tersebut meliputi story line, cara bermain, menu, area permainan, dan lain sebagainya.

Bisa jadi dua game memiliki banyak persamaan. Namun, yang membedakannya adalah bagaimana pemain memainkan dan berinteraksi dengan game. Berdasarkan hal-hal tersebut, game dikategorikan menjadi berbagai macam. Berikut ini macam-macam games yang paling umum.

Aksi

Genre ini merupakan macam game yang paling populer. Game jenis ini membutuhkan kemampuan refleks pemain dan timing yang tepat. Salah satu subgenre action yang populer adalah First Person Shooter (FPS).

First Person Shooter

Banyak sekali game sukses di pasaran yang termasuk dalam genre ini. Game jenis ini memerlukan kecepatan berpikir. Game ini dibuat seolah-olah pemain yang berada dalam suasana tersebut. Contoh game genre ini, misalnya Half Life, Crysis, Call of Duty: Modern Warfare, dan lain sebagainya.

Aksi-Petualangan

Genre ini memadukan gameplay aksi dan petualangan. Pemain diajak untuk menelusuri gua bawah tanah sambil mengalahkan musuh, mencari artefak kuno, menyeberangi sungai dan sebagainya. Saat ini kebanyakan genre ini sudah mengadopsi 3D.

Tom Clancy’s Splinter Cell, Hitman, Tomb Tider dan Prince of Persia termasuk dalam game ini.

Simulasi, Konstruksi, dan Manajemen

Pemain dalam game ini diberi keleluasaan untuk membangun, berekspansi, dan mengatur komunitas fiksi atau proyek tertentu dengan bahan baku yang terbatas. Contohnya adalah SimCity, The Sims, dan Spore.

Role Playing Games (RPG)

Dalam RPG pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah skill-nya, bertambah senjatanya, bertambah hewan peliharaannya dan lain sebagainya. Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout, dan Dragon Quest termasuk dalam genre ini.

Strategi

Cikal bakal genre ini adalah board game. Genre strategi menitikberatkan pada kemampun berpikir dan organisasi. Game strategi dibedakan menjadi dua, yaitu Turn Based Strategy dan Real Time Strategy.

Real Time Strategy

Genre ini mengharuskan pemain membuat keputusan dan secara bersamaan pihak lawan juga beraksi hingga menimbulkan serangkaian kejadian dalam waktu yang sebenarnya. Contohnya adalah Age of Empires, Starcraft, Rise of Nation dan Command and Conquer.

Turn Based Strategy

Dalam game ini pemain bergantian menjalankan taktiknya. Saat pemain mengambil langkah, pihak lawan menunggu. Demikian juga sebaliknya. Termasuk dalam genre ini adalah Heroes of Might and Magic, Front Mission dan Master of Orion.

Balapan

Pemain dapat memilih kendaraan, mendandani lalu melaju di arena balap. Tujuannya hanya satu, yaitu mencapai garis finish tercepat. Misalnya Need For Speed, Grand Turismo, Top Gear, Daytona dan lain sebagainya.

Olahraga

Genre ini membawa olahraga ke dalam komputer atau konsol. Biasanya gameplay dibuat semirip mungkin dengan kondisi olahraga yang sebenarnya. Termasuk dalam genre ini adalah FIFA, Winning Eleven, PES, NBA, Tony Hawk Pro Skater, dan lain-lain.

Puzzle

Genre puzzle menyajikan teka-teki, menyamakan warna bola, perhitungan matematika, menyusun balok, dan sebagainya. Misalnya Tetris, Bejeweled, Minesweeper, dan Bomberman.

Asyiknya Bermain Game

internet memang punya pengaruh luar biasa terhadap segala aspek kehidupan di dunia. Bahkan sampai pada sektor yang mungkin tidak terpikirkan sama sekali sebelumnya. Salah satu sektor tersebut adalah pada bentuk permainan atau games. Meski merupakan sesuatu yang terlihat sangat sederhana namun bisa menjadi hal yang menarik untuk diikuti. Karena saat ini hampir muncul berbagai jenis games online yang bisa dimainkan melalui sambungan internet.




Asyiknya Games Online

Dan karena bisa dimainkan secara global oleh siapa saja dan dari belahan dunia manapun maka games online ini tentu akan memunculkan keasyikan tersendiri bagi para pecinta game di mana saja berada. Beberapa hal yang bisa menjadikan game ini menjadi asyik dan lebih enak dimainkan itu antara lain adalah :

Macamnya lebih banyak

Karena seperti telah dijelaskan pada uraian di atas bila di setiap waktu selalu muncul berbagai macam dan jenis games online di internet. Maka hal ini akan membuat makin banyak pilihan game yang bisa dimainkan oleh penggemar game.

Lebih variatif

Selain macam dan jenisnya setiap hari terus bertambah, games online ini juga lebih variatif sehingga setiap pemain bisa mendapatkan rasa sensasi yang berbeda beda ketika sedang memainkannya.

Tampilan yang menarik

Demikian pula dengan tampilan dari games online tersebut. Juga lebih menarik baik dilihat dari sisi desain, warna dan aksi-aksi yang dimunculkan. Sehingga akan membuat setiap pemain makin betah duduk di depan komputer dan menjalankan setiap permainan yang dijalankan.

Terus berlanjut

Maksudnya adalah seperti ini. Bila kita memainkan suatu games online dan karena suatu hal lalu ingin berhenti, semua data games online yang kita mainkan tidak akan hilang. Jadi kita bisa melanjutkan permainan tersebut di lain waktu dan tinggal melanjutkan tingkatan atau level yang sudah dimainkan sebelumnya.

Bisa bermain bersama tanpa bertemu langsung

Tidak berbeda jauh dengan jenis layanan internet yang lain, setiap memainkan games online kita juga bisa mencari teman atau lawan main dari daerah atau wilayah lain. Bahkan dari suatu negara di benua yang lain. Hal ini memang bisa terjadi bila pada waktu yang bersamaan ada pemain lain yang juga sedang memainkan jenis game yang sama. Jadi yang namanya batas wilayah tidak dikenal sama sekali.

Menambah penghasilan

Dengan bermain games online kita juga bisa mendapat penghasilan atau pemasukan yang lumayan besar. Salah satu caranya adalah menjual poin atau nilai suatu game yang kita dapat kepada pemain game yang lain.

Ada pula perlombaan untuk memainkan suatu game secara online juga. Hadiah yang didapat juga sangat besar. Apalagi biasanya diberikan dalam bentuk dolar atau mata uang asing yang lain dengan nilai tukar yang cukup tinggi.

Menambah teman

Kita juga bisa mendapat banyak teman melalui jalur permainan ini. Karena saat ini banyak situs atau portal komunikasi antar penggemar game online. Dari sini kita bisa melakkukan komunikasi dengan mereka. Selanjutnya terjalin persahabatan yang akrab tanpa memandang asal usul dan hal lain yang bersifat keindividuan atau rasial.

Game Segalanya

Main game baik itu secara online atau pun offline melalui game console selama ini lebih dianggap sebagai hobi para pria walaupun banyak juga wanita yang hobi main game. Bahkan hingga setahun lalu, sebuah survei yang diadakan oleh One-Poll dengan melibatkan 1.500 pria penggemar games menemukan bahwa kebanyakan pria dewasa sangat terobsesi dengan games di komputer. Lima persen di antaranya bahkan rela mengorbankan hubungan cinta mereka demi hobi yang satu ini.

Seiring bertambahnya penggila game dari kaum wanita, para peneliti pun tertarik untuk menyelidiki apakah wanita penggemar game ini juga sama halnya dengan pria ketika harus memilih antara game dan hubungan cinta mereka.

Doritos menyelenggarakan sebuah studi tentang ini dan menemukan bahwa 49 persen wanita mengaku mereka kecanduan games online. Dibandingkan dengan pria yang 50 persen di antaranya adalah penggila game, maka bisa disimpulkan saat ini sebagian besar wanita juga demikian. Jika pria rata-rata menghabiskan 22.3 persen dari waktu mereka untuk bermain game, ternyata wanita lebih unggul sedikit yaitu dengan menghabiskan 23.2 persen waktu mereka untuk bermain game online. Bahkan para wanita ini lebih memilih main games ketimbang pergi belanja.

Lebih mengkhawatirkan lagi, satu dari lima wanita mengaku kegiatan bermain online games di atas ranjang sambil beristirahat adalah kegiatan rutin dan mereka lebih memilih berkutat dengan gadgetsnya ketimbang berhubungan seks.

Pria dan wanita seakan menjadi mirip karena disatukan oleh permainan online ini, namun peneliti juga mengungkap alasan yang mendasari mereka kecanduan game ternyata berbeda antara pria dan wanita. Pria gila game karena elemen kompetisi yang ada dalam sebuah game online. Sementara mayoritas wanita (dua per tiga di antaranya) menyebutkan main game untuk menghilangkan stres. So, jangan khawatir jika suami Anda kecanduan game hingga Anda tak tersentuh. Ikut main game saja!



Sejarah Game

Meskipun sejarah perkembangan game berlangsung selama lima dekade, game sendiri tidak populer hingga akhir tahun 1970an. Berikut ini ringkasan sejarah game dan perkembangannya.
1958: Ahli Fisika membuat video game pertama yang menyerupai permainan tenis meja.

1961: Steve Russel, siswa MIT membuat game komputer interaktif pertama berjudul Spacewar.

1966: Ralp Baer menciptakan game interaktif menggunakan televisi.

1971: Nolan Bushnell dan Ted Dabney membuat versi arcade Spacewar, yaitu Computer Space.

1972: Bushnell dan Dabney mendirikan Atari. Game pertama Atari adalah Pong.

1975: Game komputer pertama dirilis, yaitu Gunfight.

1976: Coleco merilis konsol video game pertama yang disebut Telstar.

1977: Atari mengenalkan video game berbasis kartrid yang dikenal dengan nama Atari 2600.

1978: Atari memperkenalkan trackball dalam game Football.

1978: Midway merilis Space Invaders yang merupakan game arcade pertama yang menampilkan skor tertinggi.

1979: Atari mencoba mengembangkan konsol berhologram bernama Cosmos. Namun konsol tersebut tidak pernah dirilis.

1979 Asteroid merupakan game pertama yang dapat memasukkan 3 karakter huruf pemilik skor tertinggi untuk disimpan di dalam mesin.

1980: Activision menjadi vendor video game.

1980: 300.000 unit Pac-Man dirilis oleh Namco.

1981: Arnie Katz dan Bil Kunkel menerbitkan majalah game pertama bernama Electronic Games.

1982: Atari mengeluarkan Atari 5200 untuk bersaing dengan Coleco.

1983: Nintendo masuk ke pasar Jepang.

1985: Game Tetris dikembangkan oleh programer Rusia, Alex Pajitnov.

1986: Nintendo NES dirilis di Amerika Serikat.

1986: Sega memperkenalkan Sega Master System (SMS) untuk bersaing dengan NES.

1986: Atari memroduksi Atari 7800.

1989: Nintendo memasarkan produk handheld Game Boy.

1991: Nintendo mengeluarkan Super NES di Amerika Serikat.

1993: Atari merilis Jaguar, konsol 64 bit pertama di pasaran.

1994: Sega Saturn dan Sony Playstation memulai debutnya di Jepang.

1995: Sony memasarkan PlayStation di Amerika Serikat.

1995: Nintendo merilis Nintendo 64 di Jepang.

1996: Demam Virtual Pet Tamagotchi melanda Jepang dan Amerika Serikat.

1997: PlayStation menjadi game konsol terpopuler.

1998: Sega memperkenalkan Dreamcast di Jepang. Konsol ini bekerja pada Microsoft Windows CE.

2000: Sony PlayStation 2 dirilis di Amerika Serikat dan menjadi fenomena baru.

2000: Game The Sims dirilis dan menjadi game terpopuler.

2001: Microsoft memperkenalkan Xbox dengan built-in hardrive dan port ethernet. Nintendo memperkenalkan GameCube dan GameBoy Advance.

2004: Sony memroduksi PSP, konsol portabel beresolusi tinggi.

2004: Microsoft menciptakan Xbox 360 untuk bersaing dengan Sony.

2006: Nintendo memasarkan Wii, konsol game revolusioner.

2006: Sony mengeluarkan PlayStation 3, konsol yang canggih namun mahal.

2007: Nintendo merilis Super Mario Galaxy untuk Wii.

2008: pada bulan Maret 2008 ini point blank pun muncul. yang paling di gemari semua kalangan, hingga saat ini masih di minati para game'mer.


Demikian, ringkasan sejarah dan perkembangan game dari tahun ke tahun. Game mana saja yang pernah Anda mainkan?




Share your views...

0 Respones to "◊ Manfaat Game bagi Kesehatan"

Posting Komentar

IP
 

Categories

Free Music Sites


Music

© 2013 PIK-R CITRA Handayani All Rights Reserved NewCyber Theme Converted into Blogger Template by VJ'Bayu Y. Sanjaya